2013 Turkey FIFA U-20 World Cup Cities: Kayseri

Pertandingan antara Kayserispor dan Sivasspor pada tanggal 17 September 1967 menjadi hari terakhir bagi empat puluh penikmat sepakbola yang turut memadati stadion Kayseri Atatürk. Berdasarkan beberapa informasi di ranah digital, semua ini berawal dari gol pemain Kayserispor yang bernama Oktay Aktan pada menit ke-20’. Beberapa menit kemudian terjadi keributan antar kedua tim yang berujung pada satu kartu merah kepada pemain Kayserispor. Uniknya, beberapa menit kemudian wasit mengubah keputusannya dan membatalkan kartu merah tersebut.

Keadaan di lapangan mungkin terkendali, namun penonton di tribun tidak. Keributan yang sudah pecah dari sehari sebelumnya ketika pendukung Sivasspor telah tiba di Kayseri dilanjutkan kembali di dalam stadion. Dimulai dari saling mengejek dan berlanjut dengan pelemparan batu diantara kedua pendukung. Tak hanya batu, beberapa pendukung ternyata telah mempersenjatai diri dengan tongkat pemukul dan pisau. Keadaan semakin memanas yang membuat sekelompok pendukung tim tamu terdesak. Sebagian mencoba mencari jalan keluar dengan memasuki lapangan, lainnya mengerubungi pintu keluar. Mereka yang mencoba memasuki lapangan segera dihadang polisi yang membuat mereka kembali berbalik bergabung dengan kerumunan yang dalam keadaan panik mencari pintu keluar terdekat.

kadir has stadium_d.haberciniz.biz

sumber: d.haberciniz.biz

Sedikitnya tiga ratus orang terluka menggenapi tragedi sore itu, yang kebanyakan merupakan pendukung Sivasspor. Apakah mungkin karena fakta tersebut atau dendam yang terlalu membara, keadaan kacau ini tak berhenti di dalam stadion. Saat meninggalkan stadion, sekelompok pendukung tim tamu memecahkan kaca-kaca kendaraan yang bernomor polisi daerah Kayseri. Perlakuan serupa turut diterima kendaraan-kendaraan yang bernomor polisi daerah Kayseri saat mereka berpapasan dengan bus pendukung tim tamu dalam perjalanan pulang ke Sivas. Tiga paragraf pembuka ini hanyalah penggalan salah satu tragedi sepakbola di Turki yang dirangkum dari berbagai sumber di dunia maya. Cerita lengkapnya dapat Anda cari sendiri.

Kadir Has Stadium_pcdn.500px.net

sumber: pcdn.500px.net

Namun saksi bisu tragedi itu kini telah tiada. Dalam usia empat puluh lima tahun ia menghilang untuk selamanya. Stadion yang dapat menampung 26.500 penonton ini ditutup pada tahun 2009. Jejaknya kini dihapus oleh berbagai pusat perkantoran, hotel, dan pusat perbelanjaan yang kini berdiri diatasnya paska dirobohkan pada tanggal 16 Januari 2009.

kadir has stadium_fys.tff.org

sumber: fys.tff.org

Hanya berselang satu bulan dua puluh hari, warga Kayseri dan pendukung Kayserispor dan Kayseri Erciyesspor mendapatkan stadion baru yang megah nan modern. Kadir Has Stadium. Partai antara Kayseri berhadapan dengan Fenerbahçe menandai diresmikannya stadion baru pada hari itu. Stadion yang berdiri di Atatürk Sports Complex ini berkapasitas 32.864 tempat duduk. Memiliki beberapa restoran, kafe, VIP area dan mampu menampung 1.785 mobil di lapangan parkirnya. Kabarnya, di sekitar stadion yang mendapat rating bintang empat UEFA ini akan dibangun dua pusat perbelanjaan.

Kadir Has Stadium_sporkeyfi.com

sumber: sporkeyfi.com

Kadir Has Stadium akan menjadi venue bagi delapan pertandingan. Dari enam pertandingan di Grup B, hanya pertandingan yang mempertemukan Korea Selatan dengan Nigeria saja yang dihelat di Istanbul: Ali Sami Yen Arena. Selebihnya lima pertandingan digelar di Kadir Has Stadium. Dua pertandingan di babak knock-out adalah satu pada babak enam belas besar dan perempat final. Oh ya… satu lagi pertandingan babak grup yang diselenggarakan disini adalah partai terakhir yang pemenangnya mungkin tidak akan menjadi juara atau runner-up di Grup A adalah kala Ghana bersua dengan Amerika Serikat. (soe)

kadir has stadium(2)_fys.tff.org

sumber: fys.tff.org

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: