Pesta Para Wanita Muda di Kosta Rika

Almanak menunjukkan tanggal 5 April 1997, hari Sabtu kala itu. Lima puluh lima ribuan penonton telah menyesaki Old Trafford. Sang tuan rumah yang berstatuskan double winner musim sebelumnya telah siap menjamu Derby County. Namun, Red Devils dikejutkan gol Ashley Ward di menit ke-29 disusul gol Paulo Wanchope enam menit kemudian. Eric Cantona mencetak gol ke-81 nya bersama United saat babak kedua berjalan dua menit. Gol dari babyface supersub, Ole Gunnar Solskjaer, di menit ke-76 hanya mengubah skor menjadi 2-3 setelah satu menit sebelumnya Dean Sturridge menjebol gawang Peter Schmeichel.

Poin penting pertandingan lawas tadi bukanlah kemenangan pasukan Jim Smith atas anak asuh Alex Ferguson. Adalah gol kedua Derby yang dicetak oleh pemain seharga enam ratus ribu pounds yang baru ditransfer sembilan hari sebelum pertandingan. Wanchope membukukan gol debutnya di liga Inggris dengan sensaional: mendapat umpan dari tengah lapangan, pemain bertinggi 193 cm ini menggiring bola melewati empat pemain United sebelum mengelabui sang ayah Kasper Schmeichel. Saat perayaan 125 tahun The Rams, fans memilih gol tersebut sebagai gol terbaik sepanjang sejarah Derby.

Karir Paulo Wanchope dimulai di CS Herediano. Klub yang berasal dari Heredia ini adalah klub tersukses ketiga di Divisi Primer Kosta Rika dengan dua puluh tiga gelar juara, hanya kalah dari LD Alajuelense dan Deportivo Saprissa dengan dua puluh sembilan gelar. Kandang dari dua klub yang disebut terakhir akan menjadi venue Piala Dunia U-17 Wanita (selanjutnya disingkat PDWU17) yang digelar pada 15 Maret hingga 4 April 2014. Bersama Estadio Alejandro Morera Soto di Alajuelense dan Estadio Ricardo Saprissa Aymá  di Tibás, Estadio Nacional de Costa Rica di San José serta Estadio Edgardo Baltodano Briceño di Liberia melengkapi empat stadion yang akan menggelar tiga puluh dua pertandingan nanti.

Penyelenggaraan PDWU17, yang dilakukan tiap tahun genap, di Kosta Rika tahun ini menjadi yang kedua bagi konfederasi CONCACAF sebagai tuan rumah setelah Trinidad and Tobago di tahun 2010. Prestasi negara dengan luas 51.100 km2 ini di PDWU17 tidaklah mentereng. Hanya ikut serta di edisi pertama, dengan memasukkan satu gol dan kemasukan delapan gol. Nihil poin. Di dua edisi setelahnya Kosta Rika tidak lolos dikarenakan tidak tampil sebagai finalis di CONCACAF U-17. Pada tahun 2010 hanya tampil sampai babak semifinal, di tahun 2012 lebih buruk lagi: tidak lolos babak kualifikasi CONCACAF U-17. Babak kualifikasi untuk mencapai babak final PDWU17 ini ditentukan prestasi di kejuaran U-17 masing-masing konfederasi, kecuali konfederasi benua Asia (AFC) yang menggunakan hasil di kejuaran U-16.

Pesta segera dimulai dengan membagi enam belas negara menjadi empat grup di PDWU17 edisi keempat kali ini. Di grup A tergabung tuan rumah bersama Venezuela, Italia, dan Zambia. Beberapa data terkait negara-negara yang tergabung di Grup A diantaranya:

  • Kosta Rika hanya mampu mencetak satu gol pada babak Grup saat penyelenggaraan di Selandia Baru tahun 2008, ke gawang Korea Utara.
  • Venezuela menjadi negara CONMEBOL terbaik kedua di Trinidad and Tobago 2010: menempati peringkat tiga Grup C dengan tiga poin. Brasil berada diurutan pertama dengan menjadi runner-up Grup D, sedangkan Cile menjadi juru kunci di grup A dengan satu poin.

Grup A

Negara 2008 2010 2012
cr Grup _ _
it _ _ _
ve _ Grup _
zm _ _ _

Juara edisi pertama PDWU17, Korea Utara, bercokol di Grup B bersama Kanada serta semifinalis tahun 2012: Ghana dan Jerman. Beberapa data terkait negara-negara yang tergabung di Grup B diantaranya:

  • Negara-negara yang tergabung di Grup B tahun 2014 ini hampir sama dengan negara-negara yang tergabung di Grup B pada penyelenggaraan PDWU17 di Selandia Baru. Bedanya, Kanada menggantikan peran Kosta Rika yang pada saat itu melengkapi Grup B.
  • Jerman adalah negara yang mengandaskan mimpi Kanada di babak quarter-final tahun 2008.
  • Sedangkan, tersingkirnya Jerman di babak quarter-final di Trinidad and Tobago 2010 dikarenakan kalah 0-1 oleh Korea Utara.
  • Dari delapan negara yang lolos ke babak quarter-final pada penyelenggaraan pertama di benua Asia tahun 2012, empat diantaranya adalah negara-negara yang tergabung di Grup B saat ini. Bedanya adalah Korea Utara menjadi juara setelah memulangkan Kanada di babak quarter-final dan menyingkirkan Jerman di babak semifinal, dan Ghana menjadi juara ketiga setelah menekuk Jerman.

Grup B

Negara 2008 2010 2012
ca Quarter-final
Grup Quarter-final
de Semifinal Quarter-final Semifinal
gh Grup Grup Semifinal
kp Juara Semifinal Final

Tuan rumah pagelaran pertama PDWU17, Selandia Baru, bersama juara ketiga dan runner-up edisi 2010: Spanyol dan Jepang, melengkapi Grup C bersama Paraguay. Beberapa data terkait negara-negara yang tergabung di Grup B diantaranya:

  • Jepang dan Paraguay berada di grup yang sama pada tahun 2008. Pertemuan keduanya menghasilkan kemenangan besar 7-2 Jepang atas Paraguay.
  • Jepang, Selandia Baru, dan Spanyol juga tergabung di Grup C pada saat penyelenggaraan di Trinidad and Tobago. Dari pertemuan diantara ketiganya, Spanyol mengalahkan keduanya: Jepang dengan skor 4-1 dan Selandia Baru dengan skor 3-1. Empat hari setelah dikalahkan pasukan negeri matador, Selandia Baru dihajar Jepang enam gol tanpa balas di Dwight Yorke Stadium.
  • Setelah pembantaian yang terjadi dua tahun sebelumnya, Jepang dan Selandia Baru tergabung kembali dalam grup yang sama di Azerbaijan 2012. Kali ini Selandia Baru mampu tampil cukup baik dengan mengurangi setengah dari setengah lusin kebobolan pada pertemuan terakhir mereka.

Grup C

Negara 2008 2010 2012
jp Quarter-final Finalis Quarter-final
nz Grup Grup Grup
py Grup _ _
es _ Semifinal _

Grup D terdiri dari negara-negara yang belum sekali pun lolos ke babak semifinal di tiga pagelaran sebelumnya: Meksiko, Kolombia, Cina, dan Nigeria. Beberapa data terkait negara-negara yang tergabung di Grup B diantaranya:

  • Satu-satunya negara di grup D yang pernah lolos dari babak grup pada penyelenggaraan-penyelenggaraan sebelumnya adalah Nigeria.
  • Nigeria melakukannya dengan menyandang gelar sebagai juara Grup pada edisi Trinidad and Tobago 2012 dan Azerbaijan 2012.
  • Pada penyelengaraan di negara Dwight Yorke, Nigeria mengumpulkan nilai sempurna di babak grup, termasuk mengalahkan sang juara bertahan edisi perdana PDWU17: Korea Utara.
  • Kolombia dan Nigeria tergabung di grup yang sama pada tahun 2012. Dua kemenangan penting Nigeria guna memuncaki grup setelah ditahan imbang Kanada adalah kemenangan fantastis 11-0 atas tiuan rumah dan menekuk Kolombia tiga gol tanpa balas.

Grup D

Negara 2008 2010 2012
cn _ _ Grup
co Grup _ Grup
mx _ Grup Grup
ng Grup Quarter-final Quarter-final

Agak terasa hambar memang tak ada wanita-wanita muda dari Asia Tenggara yang akan ikut berpesta di Kosta Rika kali ini. Namun, ada nama  Abirami Apbai Naidu dalam daftar wasit di Kosta Rika 2014 kali ini. Wanita berumur 30 tahun asal Singapura ini telah menjadi wasit FIFA sejak tahun 2009, namun tidak pernah terlibat di penyelenggaraan PDWU17 sebelumnya.

Satu-satunya pengadil wanita dari Asia Tenggara yang pernah berpartisipasi di PDWU17 adalah Pannipar Kamnueng. Pada penyelengaraan di Selandia Baru, wanita kelahiran tahun 1976 ini terlibat empat kali menjadi 4th official diantaranya saat laga: Denmark bertemu Kolombia, USA menantang Perancis, Nigeria bersua Inggris, dan saat Brazil melawan Korea Selatan. Momen terbaiknya adalah saat memimpin pertandingan saat Perancis berpesta 6-2 atas Paraguay. Pertandingan ini menghasilkan dua kartu kuning dan satu kartu merah bagi Perancis, dan masing-masing satu kartu kuning dan merah untuk Paraguay.

Wahai wanita-wanita muda Kosta Rika, siapkah kalian mengubah sejarah para tuan rumah? Dari penyelenggaraan tiga edisi sebelumnya belum pernah ada tuan rumah yang lolos dari babak Grup. (soe)

flags icon source: www.nordicfactory.com

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: