Secuil Profil Pengadil di Brasil-4

Konfederasi Amerika Utara, Tengah, dan Karibia (CONCACAF)

ROBERTO MORENO SALAZAR
Apa yang sedang Anda lakukan di umur 26 tahun? Merintis karir di dunia kerja? Atau mungkin sedang menyusun tesis? Jika pertanyaan ini diajukan kepada wasit asal Panama ini, maka jawabannya adalah ia sedang merintis karirnya sebagai wasit. Di umurnya yang masih muda itu, pria kelahiran tahun 1970 ini sudah mendapatkan lisensi sebagai internasional. Enam pertandingan kualifikasi Pilaa Dunia 2014 zona konfederasi CONCACAF ia pimpin. Tak banyak kartu dikeluarkan oleh pengadil berpostur 180cm ini. Rata-rata hanya 2,8 kartu kuning ia cabut dari sakunya, dan tak sekalipun ia mengusir pemain. Rincian kartu kuningnya: satu di zona waktu pertama, empat pada zona waktu kedua, dan dua belas saat memasuki tiga puluh menit menjelang pertandingan berakhir.

MARCO ANTONIO RODRÍGUEZ MORENO
Sekitar delapan bulan menjelang hari jadinya yang ke-26 tahun, wasit asal Mexico ini memulai debut internasionalnya. Tiga Maret 1999 saat itu, partai antara Paraguay kontra Guatemala merupakan titik awal karirnya sebagai wasit berlisensi internasional. Bila ditilik dari partai yang ia pimpin selama babak kualifikasi Piala Dunia 2014 zona konfederasi CONCACAF, wasit berpostur 179cm inilah yang paling sedikit beraksi: hanya tiga partai yang ia pimpin. Sedikitnya jumlah partai yang ia pimpin bertolak belakang dengan kartu yang ia keluarkan. Tercatat bahwa pengadil yang juga pastor ini mengeluarkan enam belas kartu kuning dan satu kartu merah. Rata-rata 5,3 kartu kuning adalah yang tertinggi diantara wasit asal CONCACAF yang berangkat ke Brasil 2014. Tidak pernah mengeluarkan kartu pada zona waktu pertama, delapan kartu kuning saat menjelang dan setelah turun minum, serta delapan lagi kartu kuning plus satu kartu merah pada zona waktu ketiga.

JOEL ANTONIO AGUILAR CHICAS
Piala Dunia 2014 adalah kali kedua ia ditugasi menjadi pengadil di lapangan hijau setelah empat tahun sebelumnya ia ditunjuk saat perhelatan diadakan di negerinya Nelson Mandela, walaupun saat itu hanya menjadi wasit cadangan. Pengadil yang segera berusia 39 tahun pada dua Juli esok ini tidak terlalu royal memberikan kartu kepada pemain. Hanya tiga kartu kuning saat tiga puluh menit pertandingan baru berjalan, enam kartu kuning di zona waktu kedua dan ketiga saat memimpin lima pertandingan babak kualifikasi Piala Dunia 2014 zona konfederasi CONCACAF. Tak sekali pun wasit berpostur 17cm ini meng-espulso kan pemain. Rata-rata hanya tiga kartu kuning dalam satu pertandingan yang dikeluarkan pengadil yang berlisensi internasional sejak tahun 2001 ini.

WALTER LOPEZ
Ialah wasit kedua yang paling banyak memimpin pertandingan babak kualifikasi Piala Dunia 2014 zona konfederasi CONCACAF. Tujuh pertandingan dipimpin pengadil kelahiran 1980 ini. Wasit yang berlisensi internasional sejak tahun 2006 ini rata-rata ia mengeluarkan 4,6 kartu dalam satu pertandingan. Rinciannya: delapan kartu kuning di zona waktu pertama, sembilan kartu kuning dan satu indirect red card pada zona waktu kedua, dan lima belas kartu kuning pada waktu tiga puluh menit menjelang pertandingan usai.

MARK GEIGER
Bila Walter Lopez nomor duanya, maka MLS Referee of the Year tahun 2011 inilah pengadil yang paling banyak memimpin laga kualifikasi Piala Dunia 2014 zona konfederasi CONCACAF. Selain banyaknya pertandingan, wasit yang juga guru matematika ini pun yang paling banyak mengeluarkan direct red card: dua pemain El Savador ia usir dalam tempo waktu berselang hanya lima menit pada pertandingan melawan Kosta Rika. Eliseo Quintanilla di menit ’87, menyusul kemudian Alfedo Pacheco pada menit ’92. Sedangkan catatan kartu kuning pria berpostur 177cm ini: masing-masing sembilan kartu kunig pada zona waktu pertama dan ketiga serta tujuh belas kartu saat menjelang dan setelah istirahat. Berbeda dengan empat rekan lainnya yang berangkat ke Brasil 2014, yang memperoleh lisensi internasional pada umur rata-rata 26 tahun, Geiger mendapatkannya saat berusia 34 tahun. Laga Mexico kontra Cile pada tanggal 24 September 2008 adalah laga debut internasionalnya. (soe)

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: