Berebut Tiga Tiket Ke Kanada di Namibia

Genoveva Añonma Nze tepat berusia dua puluh tujuh tahun pada hari kedua penyelenggaraan Piala Afrika Wanita edisi ke sembilan yang dihelat di Namibia sejak tanggal 11 Oktober lalu. Namun ada sesuatu yang kurang di momen ulang tahun topskor Bundesliga Women musim 2011/12 tersebut. Itu karena Equatorial Guinea, negaranya, tidak berpartisipasi di kejuaraan tertinggi sepakbola wanita benua Afrika tersebut.

Satu golnya di babak kualifikasi kala away ke Pantai Gading hanya memberikan Equatorial Guinea kemenangan yang berumur lima menit. Tuan rumah memaksakan pertandingan berakhir seri melalui eksekusi penalti. Laga kedua yang digelar di Malabo, ibukota Equatorial Guinea, menjadi antiklimaks buat tuan rumah. Unggul cepat di menit ketiga, negara yang terletak di Afrika Tengah ini harus menunggu hingga menit ke-90 untuk hanya menyamakan kedudukan mejadi 2-2.

Ketidaklolosan Equatorial Guinea merupakan catatan untuk pertama kalinya juara bertahan tidak berpartisipasi. Padahal performa negara tetangga Kamerun ini sedang menanjak. Dimulai dari memutus tren juara Nigeria pada tahun 2008, Equatorial Guinea tak pernah absen di final kejuaraan dwi tahunan ini setelahnya. Menginterupsi gelar-gelar juara Nigeria hanya mampu dilakukan oleh Equatorial Guinea. Delapan edisi penyelenggaraan sebelumnya, Nigeria menyapu bersih gelar juara di lima penyelenggaraan pertama. Di edisi keenam penyelenggaraan, Nigeria harus puas menyaksikan Equatorial Guinea yang menjadi juara di hadapan pendukungnya sendiri.

Berbicara mengenai tuan rumah, Namibia menjadi negara keempat yang ditunjuk sebagai tuan rumah. Nigeria dan Afrika Selatan menjadi dua negara yang paling sering dipilih sebagai tuan rumah sebanyak tiga kali, disusul Equatorial Guinea dengan dua kali terpilih sebagai tuan rumah. Namun pemilihan Namibia sebagai tuan rumah tampak agak sedikit dipaksakan bila mendengar bahwa banyak kabar mengenai lambatnya persiapan. Bahkan Namibia Women’s Super League harus dihentikan sementara musim ini dikarenakan dana operasional yang dialihkan guna membiayai pagelaran dwi tahunan ini.

Akhir kata, bagaimanapun juga Namibia sudah berusaha keras agar penyelenggaraan sekaligus debut mereka berlaga di Piala Afrika Wanita berjalan lancar. Dua stadion yang sudah disiapkan akan menjadi medan laga bagi delapan negara peserta yang berharap mendapatkan satu dari tiga tiket guna berlaga di Kanada tahun depan. (soe)

*) Waktu Indonesia Bagian Barat (GMT +7)

GROUP STAGE
11 OCT
22.00 NAMIBIA ZAMBIA Sam Nujoma Stadium
12 OCT
01.00 NIGERIA IVORY COAST Sam Nujoma Stadium
22.00 SOUTH AFRICA CAMEROON Independence Stadium
14 OCT
01.00 ALGERIA GHANA Independence Stadium
22.00 ZAMBIA NIGERIA Sam Nujoma Stadium
15 OCT
01.00 IVORY COAST NAMIBIA Sam Nujoma Stadium
22.00 CAMEROON ALGERIA Independence Stadium
16 OCT
01.00 GHANA SOUTH AFRICA Independence Stadium
17 OCT
22.00 NAMIBIA NIGERIA Sam Nujoma Stadium
22.00 ZAMBIA IVORY COAST Independence Stadium
18 OCT
22.00 SOUTH AFRICA ALGERIA Independence Stadium
22.00 CAMEROON GHANA Sam Nujoma Stadium
SEMI-FINALS
22 OCT
22.00 NIGERIA SOUTH AFRICA Sam Nujoma Stadium
23 OCT
01.00 CAMEROON IVORY COAST Sam Nujoma Stadium
PLAY-OFF FOR THIRD PLACE
25 OCT
  22.00 SOUTH AFRICA IVORY COAST Sam Nujoma Stadium
FINAL
26 OCT
  01.00 NIGERIA CAMEROON Sam Nujoma Stadium

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: